Label

It's me (2) Kampus (1) Semangat (2)

Sabtu, 04 Agustus 2012

Buku bacaan Aya (part.1)



.: "Sesungguhnya orang-orang mukmin ialah orang-orang yang percaya (iman) kepada Allah dan Rasul-Nya; mereka tidak akan ragu dan mereka terus berjuang (jihad) dengan harta dan dirinya pada jalan (agama) Allah. Mereka inilah orang-orang yang benar."
(QS.49 Al Hujurat:15)


.: Sesungguhnya ada seorang lelaki bertanya :
"Ya Rasul, tunjukkanlah amal kepadaku yang sebanding dengan berjuang disisi Allah (jihad)".

Sabda beliau SAW :
"Aku tidak menemukannya".

Lantas beliau SAW bersabda lagi :
"Apakah kamu mampu bila posisi berjuang; kamu masuk masjidmu, berdiri beribadah tanpa henti, dan kamu berpuasa tidak berbuka-buka".

Dia berkata :
"Siapakah orang yang mampu seperti itu".

Nabi SAW bersabda :
"Sesungguhnya orang berjuang di jalan Allah, dimana Allah mengetahui orang yang berjuang dijalan-Nya, ialah laksana orang yang berpuasa, berdiri di malam hari, khusuk, ahli ruku' dan sujud".




Subhanallah... dalam batinku mengagungkan namaNya. Penggalan kalimat di kertas ini bukan hanya sekedar wacana, namun suatu teguran untuk bangkit. Bukan hanya diam memandang hal-hal yang ada di sekitar. Bukan hanya pasrah dan menanti hingga ada yang peduli. Bila hanya menanti... menanti sampai kapan? siapa yang mau peduli?

Sepulang sekolah siang itu... dua tahun yang lalu, ketika aku masih duduk di bangku SMA, kulihat adikku duduk terdiam dengan bukunya. yah, seperti biasa ia melakukan rutinitasnya membaca buku cerita anak-anak, mulai dari dongeng fabel, kisah nabi & rasul, dan bahkan buku pelajaran di sekolahnya. Orang tua kami selalu membiasakan kami untuk membaca sepulang sekolah. Membaca apapun, membaca bacaan yang ada, entah koran, majalah, buletin dan sebagainya.

Tapi... siang ini berbeda dari biasanya. bukan karena aku pulang cepat, tetapi karena kulihat ada yang berbeda dari  buku bacaan yang di bawa adikku. Mimik muka yang serius, tatapan mata fokus, dan ketenangannya membuatku penasaran atas apa yang ia baca di siang itu. jangan-jangan....

bersambung......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar